Jumat, 18 Juli 2014

PEMBUATAN PUPUK KOMPOS MENGGUAKAN EFFECTIVE MICROORGANISMS 4 (EM4)

Pupuk kompos merupakan pupuk yang terbuat dari sisa bahan organik yang tidak terpakai. Bahan yang dipakai biasanya adalah kotoran sapi, kotoran kambing, jerami, serbuk kayu, ampas tahu dan lain sebagainya. Selain bahan-bahan tersebut kita juga membutuhkan bakteri yang berfungsi sebagai pengurai bahan-bahan yang dicampurkan dalam pembuatan pupuk kompos. Bakteri yang biasa digunakan adalah EM4 (Effective Microoganisme 4), bakteri ini biasa dibeli di toko-toko pertanian.

Gambar 1. Bakteri EM4
Manfaat dari bakteri EM4 sendiri adalah memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah, Meningkatkan produksi tanaman dan menjaga kestabilan produksi, Memfermentasikan dan mendekomposisi bahan organik tanah dengan cepat, Menyediakan unsure hara yang dibutuhkan tanaman, Menyehatkan tanaman. Selain membeli bakteri, kita juga dapat membuat sendiri bakteri yang dapat menguraikan bahan-bahan sisa organik menjadi pupuk. Kita dapat membuatnya dari sisa nasi yang tidak dimakan yang dicampur dengan tetesan gula aren. Berikut merupakan proses pembuatan pupuk kompos yang telah dipraktekan dalam program kerja KKN kel 07.
Proses pembuatan pupuk Kompos :
Bahan :
1.    Kotoran Sapi
2.    Kotoran Kambing
3.    Jerami
4.    Serbuk kayu
Alat :
1.    Parang
2.    Terpal
3.    Cangkul
4.    Karung Beras
5.    Botol Aqua Besar
Cara membuat :
1.    Siapkan air satu liter dalam botol aqua, kemudian campurkan dengan satu tutup botol EM4 dan satu sendok gula pasir. Diamkan selama 1 X 24 jam.
2.    Rajang atau potong kecil-kecil jerami kemudian letakkan diatas terpal. Letakkan bahan-bahan lain seperti kotoran sapi, kotoran kambing dan serbuk kayu diatas terpal kemudian aduk merata. (perbandingan kotoran hewan lebih banyak dari jerami, agar hasil dari pupuk lebih baik).
3.    Aduk bahan-bahan tersebut menggunakan cangkul, kemudian campurkan bahan-bahan tersebut dengan larutan bakteri yang didiamkan selama 1 X 24 Jam sambil terus diaduk menggunakan cangkul.
4.    Setelah bahan dicampurkan kemudian tutup rapat terpal dan diamkan selama 5-10 hari.
Gambar 2. Proses pembuatan pupuk

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar