Minggu, 25 Januari 2015

Potensi Desa

Desa togubang geger memilki potensi desa yang mumpuni di segala lapisan seperti :
1. Pertanian
2. Peternakan
3. Bidang Kewirausahaan




Kali ini akan membahas, ketiga potensi tersebut.

1. Pertanian
Potensi Pertanian di desa Togubang sangat banyak dan bermanfaat, ada beberapa potensi yang bisa digali dari bidang pertanian, yaitu :
    - jagung
    - padi
    - rambutan
    - durian
    - salak
    - nangka, dll
Pada sektor hasil pertanian tersebut dapat diolah menjadi makanan, minuman serta bidang kewirausahaan lainnya yang bermanfaaat bagi warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. contohnya :
a. Jagung
                                                      Gambar. Potensi sektor Pertanian Jagung
 Jagung dapat diolah menjadi sebuah produk makanan khas dari desa togubang seperti JASUKE (jagung,susu,keju) , selai jagung, dodol jagung. dengan demikian Jagung yang merupakan makanan sederhana dapat menghasilkan produk yang bermanfaat bagi warga dan orang lain. Hal ini merupakan Peningkatan sumber daya manusia dalam mengelolah suatu bahan yang sederhana dari sektor pertanian.

b. Padi
Pada sektor pertanian khususnya padi pada desa ini kurang dimanfaatkan untuk meningkatkan kwalitas taraf hidup dikarenakan sebagian besar masyarakat mengkonsumsi sendiri hasil dari pertanian tersebut untuk memenuhi kebutuhan primer. Padahal, hasil pertanian tersebut dapat dijual diluar desa dengan harga sesuai dengan kwalitas beras tersebut dan mungkin lebih mahal dari pada didalam desa.


Gambar.Potensi Sektor Pertanian Tanaman Padi


c. Rambutan
 Rambutan adalah sektor pertanian yang menghasilkan produk yang menjanjikan, Pada buah rambutan ini  contohnya bisa dibuat sirup rambutan , puding,dll. Pemanfaaatan buah rambutan sangat efekif,selain dibuat olahan yang berbeda, buah rammbutannya juga diperjual belikan. dan buah rambutan pada desa ini sangat mempunyai ciri khas yang membuat p
enikmat rambutan ingin mendatangi desa ini ataupun ingin mencicipi rambutan desa Togubang.


Gambar.Potensi Sektor Pertanian Tanaman Rambutan



2. Peternakan
    Potensi Peternakan didesa Togubang ini tidak kalah potensinya dengan sektor bidang pertanian, sektor peternakanpada desa ini memiliki beberapa potensi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Pada sektor peternakan ini mengalami kendala karena sebagian masyarakat memandang bahwa pada sektor ini kurang berkembang ,padahal sektor ini justru lebih banyak meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar dibandingkan sektor pertanian. Contoh sektor peternakan didesa Togubang adalah Ayam, Bebek, sapi, kambing,dll. Pemanfaaat sektor ini tidak berkembang pesat dikarenakan kuarangnya pengetahuan masyarakat tentang pada hewan ternak yang sudah disebutkan pada disripsi diatas.
Gambar Sektor Peternakan Sapi


Gambar.Sektor Peternakan Kmbing
Gambar.Sektor Peternakan Unggas
3. Bidang Kewirausahaan

   Pda bidng kewirausahaan di desa togubang ini terdapat banyak sekli potensi yang dpat digalih dan dikembangkan pada bidang ini.Dari beerapa dusun yang sudah kami kunjungin banyak sekali usaha kecil menegah yang terdapat didusun tersebutdari memanfaatkan bahan-bhn sekitarnya sampai inovasi baru yang dapat meningkatkan nama desa lebih terkenal lagi dimasyarakat luar desa untuk mengetahui bahwa pada desa togubang tersebutmemiliki produk lokal buatan masyarakat togubang.Bberapa diantara UKM tersebut yaitu Mebel , Ternak lele, Sandal ,Batu bata serta usaha memotongan kayu.








 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar